The Way Of Life: Install IBM DB2 di Linux Ubuntu
Google

Saturday, February 19, 2011

Install IBM DB2 di Linux Ubuntu

Setelah kita belajar menginstall antivirus di Linux Ubuntu, sekarang kita akan belajar bagaimana cara menginstall aplikasi Database Server dari IBM yaitu DB2 Express-C yang sangat powerfull. Memang kita harus selalu belajar menginstall yang tidak biasa, jika database server MySQL, PostgreSQL, Oracle install di Linux mungkin sudah biasa. Yang pertama harus kita lakukan adalah mendownload paket IBM DB2 Express-C for Linux disini. Untuk Ubuntu versi 10.10 jika anda belum memperoleh CD-nya, bisa download disini. Pertama kali adalah kita extract IBM DB2 Express-C for Linux (file: db2exc_972_LNX_x86.tar.gz) di folder yang sudah kita tentukan di Linux Ubuntu. Mohon untuk extract file jangan dilakukan di Windows, kemudian dicopy di Linux, karena akan berbeda hasilnya. Biasanya muncul error 203 permission denied pada saat menjalankan db2_install, solusinya yaitu extract ulang di Linux Ubuntu.
Setelah kita masuk ke directory dimana file tersebut di extract, ada dua tipe install yaitu menggunakan mode text/terminal (db2_install) atau model GUI (db2setup). Yang pertama kita gunakan model text mode, caranya yaitu ketik ./db2_install, seperti gambar di bawah ini:
Akan muncul error, bahwa ada file library yang kurang yaitu libaio.so.1

Oleh karena itu kita harus mengupdate-nya dengan perintah apt, yaitu sudo apt-get install libstdc++5, kemudian ketikkan lagi perintah sudo apt-get install libaio-dev seperti gambar di bawah ini:


Setelah selesai baru ketikkan perintah sudo ./db2_install, kemudian proses instalasi IBM DB2 Express-C dimulai , seperti pada gambar dibawah ini:

Artinya Instalasi IBM DB2 Express-C sudah berhasil dilakukan di Linux Ubuntu. Sekarang jika kita menggunakan cara yang kedua yaitu menggunakan perintah ./db2setup, caranya adalah ketikkan perintah ./db2setup, maka anda akan dibimbing dengan tampilan GUI, sehingga lebih mudah seperti gambar di bawah ini:

Dengan tampilan GUI ini, instalasi jauh lebih mudah dimengerti untuk para pemula.

Kemudian anda akan dipandu untuk mengisi password dan parameter yang lain kemudian klik next dan seterusnya.


Dengan tampilan GUI ini, kita juga lebih jelas mengenai sudah berapa persen instalasi dilakukan dibanding menggunakan cara yang pertama tadi. Jika menggunakan cara pertama, kita mengetahui ada proses atau tidak dengan melihat lampu indikator hard disk, karena estimasti waktu instalasi yang ditampilan dalam mode text mode tidak begitu valid.

Jika instalasi sudah selesai, maka ada pesan bahwa instalasi sudah selesai beserta keterangan log file dari instalasi IBM DB2 Express-C, seperti gambar di bawah ini:

Artinya kita sudah berhasil menginstall database server IBM DB2 di Linux Ubuntu, seperti ciri khas database server lain, IBM DB2 bekerja pada default port 50000, sedangkan Microsoft SQL Server pada port default 1433, MySQL pada port 3306 , PostgreSQL pada port 5432. Selamat mencoba, semoga berhasil.

Related Links:

Install Antivirus di Linux Ubuntu

IBM DB2 dari IBM

Labels: , , ,

0 Comments:

Post a Comment

<< Home